Fungsi Tombol One Key Recovery Pada Laptop Lenovo

Mungkin banyak dari kalian yang belum tahu dan menggangap tidak berguna fitur one key recovery ini. Dilaptop merk lain tidak ada tombol seperti ini jadi menurut kalian mungkin ini tidak penting namun tahukah kalian bahwa fitur ini sangat penting untuk mempermudah kita masuk keBIOS. Tombol ini sangat penting jika tombol seperti F1-F12 itu rusak dan anda ingin ingin menambahkan vram untuk bermain game mau tidak mau anda harus masuk keBIOS atau anda ingin mengatur tanggal atau yang lainnya. Oh iya letak tombol one key recovery ini bermacam-macam ada yg didekat tombol power ada juga yg letaknya terpencil didekat DVD Rom sehingga anda harus menggunakan benda kecil seperti jarum pentul untuk menekannya.
Tombol One Key

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan cara menekan tombolnya pada saat laptop dalam keadaan mati ingat harus dalam keadaan mati jadi anda jangan menekan tombol power. jika sudah anda tekan maka anda akan masuk kemenu One Key Recovery
Menu One Key

Dimenu tersebut anda akan diberi pilihan Normal Startup, Bios Setup, Boot Menu dan System Recovery. 
1. Jika anda menekan tombol enter pada Normal Startup maka anda sama saja seperti menekan tombol power. 
2. Bios Setup untuk masuk kemenu bios jadi anda tidak harus ribet mencari cara masuk kebios dengan cara menekan tombol F1-F12,dll. Nah sekarang mudah bukan masuk kebios tinggal tekan recovery mode lalu arahkan pada option Bios setup lalu teken enter anda langsung masuk kebios
  
BIOS

3. Boot Menu ini unuk untuk mengatur anda ingin boot menggunakan Hardisk, DVD Rom, FD, dll. jika anda ingin install ulang menggunakan FD maka anda tidak usah masuk kebios lalu ganti first boot menjadi FD anda cukup masuk ke boot menu saja lalu pilih FD.

Contoh Boot Menu

4. Terakhir System Recovery untuk yang satu ini saya masih belum tau berfungsi untuk apa karena setiap saya tekan enter akan seperti normal startup.

Sekian Semoga bermanfaat :)


6 Responses to Fungsi Tombol One Key Recovery Pada Laptop Lenovo

  1. post cara nambah VRAM dong?

    BalasHapus
  2. Yg keempat,system recovery, berguna untuk recovery windows ke default factory state. Ini berfungsi untuk windows preinstalled di pabrik. Seperti lenovo z510, z410, yoga, thinkpad, dll. Yang jadi masalah buat saya adalah, gmn caranya membuat syatem recovery untuk lenovo yang OSnya DOS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas informasinya. Untuk system recovery lenovo atau merk lain mungkin bisa menggunakan aplikasi pihak ke tiga seperti norton ghost, hiren's boot cd dll untuk melakukan system backup and recovery. Mohon di koreksi jika ada kesalahan, terima kasih telah berkunjung ke web ini :)

      Hapus
  3. maaf saya mau tanya, laptop lenovo ku g40-45, dari beli sudah ada win8 ori nya. tp gara2 kesalah nomer seri nya keganti jadi sekarang tidang ori lagi, apakah dg one key recovery bisa dikembalikan ke win8 original lagi?
    lalu kalau win ori nya diinstal ulang ke win lain kalau pakai one key recovary apakah bisa kembali jga ke sedia kalah , mohon bantuanya. trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Mungkin bisa gan karena laptop agan ada partisi OEM.
      Partisi OEM ini isinya system recovery windows, jadi partisi ini buat ngembaliin Windows kekeadaan awal waktu beli laptop, cuma ane ga tau serial numbernya ikutan keganti kaya diawal atau ga.

      2. Setau ane ga bisa lagi gan karena klo mau nginstall ke windows lain agan harus ganti format hardisknya nah untuk ganti format hardisknya tuh harus ngehapus semua data" hardisk jadi partisi OEMnya ikutan kehapus.

      Mohon di koreksi jika ada kesalahan, terima kasih telah berkunjung ke web ini :)

      Hapus